Interior Restoran / Cafe

Punya usaha sendiri tentu menjadi impian setiap orang, apalagi bagi yang sudah bosan dengan rutinitas kantoran. Sebenarnya ada beberapa alasan kuat, kenapa banyak orang ingin berwirausaha sendiri.



- Pertama, kebanyakan orang sudah bosan dengan rutinitas pekerja kantoran dan mulai beralih berbisnis sendiri.

- Kedua, mencari sampingan untuk memenuhi kebutuhan yang terkadang tidak cukup jika hanya mengandalkan gaji karyawan semata.

- Ketiga, memiliki waktu lebih untuk keluarga dan bisa mengembangkan ide-ide bisnis sesuai dengan kehendak sendiri.

Nah, ketiga alasan itulah yang membuat orang berbondong-bondong mulai membuat bisnis sendiri.
Apalagi jika mengikuti tren saat ini, bisnis membuka cafe bisa menjadi alternatif Anda untuk mengeluti dunia wirausaha yang banyak diminati oleh anak muda. Masih ingat dengan berita bapak presiden kita yang berkunjung ke salah satu pemilik coffee shop yang sedang nge-hits di Jakarta?



Ini membuktikan bahwa pemerintah juga mendukung usaha anak muda yang tentunya dapat menginspirasi banyak orang.Bagi Anda yang ingin terjun langsung pada dunia bisnis, baik dalam bentuk bisnis cafe, restaurant, atau tempat nongkrong lainnya. Tentu harus tahu, bagaimana cara mendesain cafe sederhana yang unik serta bisa menarik minat pengunjung untuk datang.

Karena pada dasarnya, desain yang unik bisa membuat cafe menjadi viral melalui teknik pemasaran yang paling efektif yaitu melalui mulut ke mulut. Apalagi dengan perkembangan media sosial, pastinya Anda sudah mengetahui banyak tentang potensi ini.

Jadi, tanpa harus menjelaskan panjang lebar lagi, berikut beberapa ide desain cafe yang mungkin akan cocok dengan Anda yang akan membuka cafe:

1. Tentukan Tema

Modern minimalis, kotemporer, cafe mini, klasik, vintage maupun industrial merupakan tema desain cafe yang populer dan paling sering dipilih oleh para desainer interior. Kuncinya, pilihlah salah satu tema yang cocok untuk dijadikan tema cafe. Anda dapat mengangkat kesederhanaan & keindahan cafe namun tetap modern. Atau nuansa hangat & dingin yang bersamaan dalam konsep kotemporer.
Atau mungkin, model kuno yang cenderung bunga-bunga dengan konsep utama agar tetap terlihat klasik. Bahkan, Anda juga dapat memberikan sentuhan nyentrik dengan dekorasi yang unfinished pada industrial konsep. Tapi, jangan lupa disesuaikan dengan dekorasi pelengkapnya dan bujet yang ada.


2. Sentuhan Alam

Suatu ruangan memang kurang sempurna jika tidak dipadukan hal yang alami, seperti tanaman dan kayu. Untuk dekorasi cafe, Anda dapat meletakkan vas bunga kecil maupun tanaman bonsai mini yang dapat menghidupkan suasana cafe menjadi lebih natural. Selain itu, pilihan tanaman gantung yang terletak diluar area cafe juga akan menarik pengunjung yang sedang menikmati suasana cafe. Anda juga dapat memberikan sentuhan kayu pada langit-langit cafe sehingga terkesan lebih hidup.

3. Sofa yang Nyaman

Setiap orang ingin menikmati momen santainya dengan nyaman. Hal ini yang menjadi salah satu alasan orang lebih suka berlama–lama di cafe (selain, koneksi internet gratis tentunya). Sehingga tips ketiga bagi Anda yang ingin membuat cafe adalah menyediakan sofa. Untuk pemilihan sofa yang nyaman juga menjadi detail penting dalam mendekor cafe. Tapi tetap perhatikan agar bentuk sofa juga sesuai dengan konsep yang sudah Anda pilih.

Harga sofa memang cukup mahal dan bentuknya cukup besar. Tips untuk Anda yang memiliki bujet pas-pasan dan luas kecil, Anda dapat memberikan variasi tempat duduk pada pengunjung cafe.
Setidaknya sediakan 2 sofa minimalis yang disertakan dengan bantalan empuk untuk cafe dan sisanya bisa Anda padukan dengan kursi-kursi kecil.



4. Lampu Yang Unik

Lampu memiliki daya tarik tersendiri bagi cafe Anda nantinya. Selain dekoratif, lampu juga dapat menjadi media yang kreatif. Sudah banyak cafe yang menggunakan tema lampu unik ini untuk pemanis ruangan. Biasanya tema tersebut diaplikasikan pada cafe yang berkonsep industrial dan menggunakan beberapa variasi lampu yang dapat memperkuat tema yang di usung .

5. Jendela besar

Pemandangan luar cafe adalah salah satu hal yang menarik untuk pengunjung, dan pemandangan di dalam cafe merupakan salah satu hal yang dapat menjadi daya tarik agar banyak pengunjung. Jadi, jendela tembus pandang dengan ukuran besar adalah hal wajib dalam mendesain cafe. Coba Anda lihat semua restoran besar di pinggir jalan, hampir secara keseluruhan menggunakan jendela dengan ukuran besar, bukan? Tentu ini bukanlah lagi sebuah konsep, namun memang sebuah cara sederhana agar cafe Anda semakin terlihat menarik dan unik.

Nah, jika Anda memang tertarik menekuni bisnis cafe ini dan berusaha untuk mewujudkan konsep cafe Anda, cobalah konsultasikan dulu dengan ahlinya.